Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download dan Instal e-DDC 23


Sejak pertama kali dibuat, e-DDC ditujukan untuk membantu pustakawan atau petugas perpustakaan (yang notabene dari berbagai latar belakang keilmuan) dalam mencari dan menentukan nomor klasifikasi koleksi perpustakaan berdasarkan sistem klasifikasi DDC (Dewey Decimal Classification) dengan lebih mudah, cepat, praktis namun tanpa biaya. Sekali lagi sebagai “alat bantu alternatif” untuk mencari nomor klasifikasi DDC, dan sama sekali BUKAN untuk menggantikan DDC itu sendiri. Bagaimanapun, hak cipta konten DDC secara keseluruhan ada pada OCLC dan saya beritikat membuat e-DDC ini semata-mata supaya pustakawan (khususnya di Indonesia) dapat lebih mengenal dan mudah memahami struktur asli dan bagan klasifikasi DDC. Maka apabila instansi Anda (beruntung) mempunyai cukup banyak dana, saya tetap merekomendasikan untuk membeli DDC versi cetak (baca: yang asli) atau berlangganan Webdewey (DDC versi online) sebagai bentuk penghargaan saya yang mendalam kepada OCLC sebagai pemegang hak cipta DDC, termasuk kepada pencetus pertama kali DDC: Melvil Dewey.

e-DDC sebagai suatu aplikasi adalah otentik, dalam arti pada saat saya pertama kali mulai membuatnya pada akhir tahun 2009, sependek pengetahuan saya belum ada satupun aplikasi untuk pengklasifikasian yang menggunakan format, interface, maupun penyusunan bagan klasifikasi seperti e-DDC. Lebih-lebih e-DDC sifatnya free. Meskipun sebelumnya sudah beredar software pengklasifikasi seperti DFW (Dewey for Windows) ataupun Flipbook Tajuk Subjek, namun kedua software itu berlisensi alias tidak gratis. Seperti halnya DDC versi cetak dan Webdewey, hak cipta DFW dipegang  oleh OCLC. Sedangkan Flipbook Tajuk Subjek ada pada Perpustakaan Nasional RI. Sebagai catatan DFW kini sudah tidak beredar dan keberadaannya digantikan dengan Webdewey sejak 28 Februari 2011. Format, interface maupun cara penyusunan bagan antara DFW, Flipbook Tajuk Subjek, Webdewey dan e-DDC mempunyai ciri khas sendiri-sendiri. Maka dari itu, bolehlah sekiranya sekali lagi saya sampaikan bahwa e-DDC adalah otentik.

e-DDC memang dibuat dengan cara yang teramat sederhana, yaitu menggunakan HTML compiler atau lebih familiar dengan sebutan chm creator. Sebelumnya saya sebenarnya sudah merancang untuk membuat e-DDC menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Namun saya pikir nanti akan timbul masalah apabila e-DDC jadi menggunakan PHP dan MySQL, yaitu sulit untuk menjalankannya di satu komputer apabila sudah ada aplikasi yang juga menggunakan PHP dan MySQL di dalam komputer tersebut (hal ini umum terjadi untuk komputer yang bersistem operasi Windows). Sebagaimana diketahui, banyak sekali sistem informasi perpustakaan atau biasa disebut software automasi perpustakaan menggunakan bahasa pemrograman PHP (seperti Senayan SLiMS, LASer, KOHA, dan lain-lain). Akhirnya, setelah beberapa kali uji coba, pilihan jatuh pada HTML compiler/chm creator dengan pertimbangan lebih mudah dibuat, ringan, kompatibel dan dapat digunakan bersama-sama dengan berbagai software automasi perpustakaan yang sudah banyak beredar sebelumnya.


e-DDC Edition 23 mempunyai fitur-fitur yang tidak dimiliki e-DDC versi sebelumnya, seperti:

  1. Notasi Agama Islam under 297 lebih lengkap, sedangkan under 2X0 tetap dipertahankan. Menjadikan e-DDC sebagai satu-satunya pedoman klasifikasi DDC yang menyediakan kedua notasi untuk Agama Islam tersebut. Silakan digunakan salah satu sesuai keperluan. 
  2. Disediakan opsi pilihan untuk notasi bahasa Indonesia yaitu under 410 dan 499.221. Notasi bahasa Indonesia under 410 disusun berdasarkan petunjuk pada Schedule DDC Edition 23 Volume 2 page 931 Option A. Baik 410 maupun 499.221 sama benar dan ada dasar hukumnya. Silakan digunakan salah satu sesuai keperluan.
  3. Demikian juga untuk notasi sastra Indonesia disediakan opsi pilihan under 810 dan 899.221. Notasi sastra Indonesia under 810 disusun berdasarkan petunjuk pada Schedule DDC Edition 23 Volume 3 page 794. Sama degan di atas, baik 810 maupun 899.221 sama benar dan ada dasar hukumnya. Silakan digunakan salah satu sesuai keperluan.

Download e-DDC 23 Terbaru

e-DDC 23 merupakan sebuah program yang memungkinkan penggunanya, untuk mempermudah penomeran klasifikasi buku dalam pengelolaan perpustakaan. Link download e-DDC 23  terbaru bisa anda dapatkan di bawah ini:

Video Tutorial Install e-DDC 23





Posting Komentar untuk "Download dan Instal e-DDC 23"